Rabu, 18 Juli 2012

PRIA PALING TAMPAN SEPANJANG MASA (Ternyata Mengandung Cela juga)


Bintang Pria Terbesar Sepanjang Masa, demikian Institut Film Amerika menyebutnya. Sementara lembaga survei Boyylegreen Drinks Inggris mengukuhkannya sebagai pria paling tampan sepanjang masa. Situs  Nowmagazine memilihnya sebagai ikon pria paling bergaya di dunia. Majalah Premiere menobatkannya sebagai yang pertama dari 50 Bintang Film Terbesar Sepanjang Masa. Richard Schickel , kritikus film, mengatakan bahwa  Grant    adalah   bintang terbaik yang pernah ada di dunia entertain. 


Lahir dengan nama Archibald Alexander Leach di Bristol, Inggris pada 18 Januari 1904, tapi lebih populer  dengan nama panggungnya, Cary Grant,  meninggal di Davenport, Iowa, AS 29 November 1986,  adalah sosok pria idola setiap wanita. Tampan dan menyenangkan. Kualitas seperti ini, konon hanya dimiliki Cary Grant. Bahkan sosok fiktif James Bond pun dikreasi Ian Felming sambil membayangkan Grant. "Setiap wanita ingin bersama dia, dan setiap pria ingin seperti dirinya", begitu kata Ian sedikit narsisistik. Wajahnya, rambutnya, celah di dagunya, matanya, bibirnya, suaranya, senyumnya, cara dia bergerak, berjalan, dan tuksedonya, semuanya mempesona,  kharismatik dan sophisticated.

Sebagai anak tunggal, Grant mengalami masa kecil yang tidak bahagia. Ibunya menderita depresi klinis sejak kematian kakaknya saat Grant berumur 3 tahun dan dititipkan di rumah sakit jiwa. Ketika Grant berumur  10 tahun, ayahnya meninggalkannya dan  menikah lagi dengan wanita yang masih muda. Pada usia 14 tahun Grant bergabung dengan group panggung Bob Pender Stage Troupe, berperan sebagai pemain pembantu.  Pada tahun 1920 group panggungnya ini melawat ke AS, keliling ke kota-kota di Amerika selama 2 tahun. Ketika rombongan itu kembali ke Inggris, Grant memutuskan untuk tinggal di AS dan melanjutkan karir panggungnya bersama kelompok  panggung AS, Vaudeville. Sebagai bagian dari kelompok hiburan panggung ini ia pandai bermain akrobat,  sulap, dan pantomim, suatu bekal yang kelak sangat bermanfaat ketika ia melangkah ke Hollywood.  

Ya, pada tahun 1931 Grant  pergi ke Hollywood. Dia menandatangani kontrak dengan Paramount Pictures untuk bermain di beberapa film. Film pertama yang dibintanginya berjudul Blonde Venus (1932), ia bermain bersama Marlene Dietrich, dan dianggap tidak sukses. Barulah 4 tahun kemudian  pintu sukses terkuak untuknya berkat kesuksesan film yang dibintanginya,  Sylvia Scarlett (1936). Sejak itu Grant membuktikan diri sebagai aktor paling jeli memilih peran sepanjang sejarah Hollywood. Komedi (Bringing Up Baby, 1938), drama (An Affair to Remember, 1937) juga  misteri (North by Northwest, 1959) disambut penonton dan kritikus dengan hangat. Sebuah perjalanan karier yang brilian.

Pria flamboyan yang ketampanannya mengalahkan pria-pria pesohor lainnya ini menikah 5 kali. Masing-masing dengan Virginia Cherrill (1934-1935), Barbara Hutton (1942-1945),  Betsy Drake (1949-1962), Dyan Cannon (1965-1968), dan Barbara Harris (1981-1986), serta hidup bersama dengan Maureen Donaldson (1973-1977). Dan inilah celanya, Richard Blackwell menulis bahwa Grant adalah seorang homoseksual, aktor Randolph Scott  yang tinggal serumah dengannya selama 12 tahun adalah pasangan homoseksualnya. Gunjingan ini dibantah oleh sebagian janda Grant dan Jennifer puri Grant. Akan tetapi janda Grand yang lain, Betsy Drake dan kekasih Grant Lisa Medford menyakini bahwa Grand adalah seorang biseksual, fisik maupun platonis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar